Mengenalkan Digital Parenting di Dusun Tambakselo


Penyuluhan bagi Ibu-Ibu PKK merupakan bagian dari rangkaian kegiatan selama Amalan Ramadhan Racana (ARR) Ke-25, yang dilaksanakan oleh Racana Kusuma Dilaga - Woro Srikandhi Gugus Depan Kota Salatiga 02.237-02.238 Pangkalan UIN Salatiga. Penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 April 2023 pukul 10.00-11.30 WIB. Peserta kegiatan ini merupakan ibu-ibu di Dusun Tambakselo. 


Tema pada kegiatan penyuluhan kali ini merupakan "Digital Parenting: Peran Orang Tua Hebat di Era Digital." Tema ini dipilih karena dirasa sesuai dengan keresahan dan keadaan sosial warga masyarakat sekitar dan era saat ini yang serba digital dan membutuhkan gadget. Karena tak dapat dipungkiri juga bahwa gadget memainkan peran penting di pola asuh mereka terhadap anak. Yang mana digital parenting adalah sebuah model pengasuhan anak disesuaikan dengan kebiasaan anak saat ini yang sering menghabiskan waktu dengan perangkat digitalnya. 


Pada kegiatan penyuluhan ini, dari Racana Kusuma Dilaga -Woro Srikandhi mendatangkan pemateri yang telah ahli dibidangnya. Beliau yakni Ibu Yuni Ambarwati, S.H. yang juga menjabat sebagai Ketua DP3APPKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kota Salatiga. Pada pemaparannya, beliau menyampaikan tips serta bagaimana cara kita sebagai orang tua dalam memberikan pemahaman tentang dunia digital pada anak. Tak hanya itu, beliau juga menjelaskan dampak negatif dari perkembangan teknologi yang tidak terarah bagi anak. Tujuannya adalah agar orang tua mampu menanamkan perilaku bijak kepada anak dalam berperilaku dengan teknologi digital agar terhindar dari dampak negatif dari teknologi digital tanpa mengekang dan perilaku agresif pada anak. dengan diadakannya penyuluhan tentang digital parenting ini, diharapkan dapat membantu para orang tua disana untuk lebih mengerti bagaimana pola asuh yang benar berkaitan dengan dunia digital.

Komentar

Postingan Populer