masih nggak PERCAYA kalo PRAMUKA itu ASYIK...?

Oleh: Kang Maryono
PRAMUKA pada dasarnya merupakan kegiatan di luar formal atau lebih bersifat di alam terbuka yang fungsi utamanya untuk menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik dengan cara yang menyenangkan. Sejalan dengan konsep Homo Ludens yang berarti manusia adalah makhluk bermain, maka PRAMUKA mengajak peserta didiknya untuk belajar dengan bermain. Sehingga dengan demikian peserta tidak merasa bosan di dalam proses pembelajaran.

Salah satu konsep pembelajaran yang dimiliki PRAMUKA adalah dengan learning by doing atau belajar sambil melakukan. Ini bukan berarti pembelajaran (teori) di kelas tidak menarik akan tetapi lebih pada agar peserta didik dapat menemukan permasalahan saat mempraktikan secara langsung teori serta dapat pula menemukan solusinya. Metode seperti ini sifatnya memancing sikap inkuiri peserta didik untuk mencari tahu, memahami dan menemukan ide baru atas segala sesuatu yang tengah dipelajarinya.

Selain itu banyak pula dikembangkan permainan-permainan ala PRAMUKA yang di dalamnya sarat dengan nilai-nilai pendidikan dan dapat membangkitkan emosional, intelektual, psikomotorik serta kemampuan dalam team work dan kepemimpinan. Sebagai perbandingan berikut ini penulis sajikan beberapa foto-foto kegiatan dimana membuktikan bahwa PRAMUKA itu ASYIK :
team work
pionering dalam rangka HUT Pramuka ke-52 Kota Salatiga
mengajarkan ikatan yang benar
PRAMUKA selalu riang gembira
outbond membentuk teamwork dan leadership
menanam melestarikan alam
ciri khas PRAMUKA: susah seneng mangan bareng cah
di puncak 29
keluarga baruku di seberang pulau. SUMATERA SELATAN

(?) Lantas kenapa masih banyak yang bilang PRAMUKA itu tidak menyenangkan?????
(+) Hemmm ini agaknya lebih pada pengalaman pribadi akan kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang tidak sesuai dengan kaidahnya.

(?) Kemudian kalau dibilang pramuka itu hanya tepuk dan nyanyi gimana?
(+) Kamu bisa bilang MASBULOH hehe... ingat ya..! tepuk, nyanyi, tali-temali dan lain sebagainya itu bukan tujuan. Tetapi lebih sebagai metode pembelajaran dimana peserta didik berproses untuk menjadi seseorang yang mampu memimpin, mampu bekerja sama dan dapat meningkatkan intelektualnya.

(?) Pramuka bikin capek.. pasti sering disuruh jalan kaki
(+) halah,, jalan kaki keliling mall nemenin cewek lo aja masih bisa senyum lebar tuh... keliling kota juga lo pasti mau bela-belain jalan kaki. ups....

(?) Pramuka nggak menarik, pake baju coklat kayak NASI GORENG.. nggak asyik to??
(+) Pak polisi tuh yang seragaman juga gagah... ini bukan sekedar mode, namun bagaimana menanamkan kedisiplinan..

(?) Pramuka itu,,,,,,
(+) apa lagi,,, masih gak percaya???. Masuk aja, GABUNG BERSAMA kami. BUKTIKAN SENDIRI KALO PRAMUKA itu nggak ASYIK.. tapi jangan kecewa ya, atau menyesal kenapa nggak dari dulu masuk PRAMUKA..

sekian dan SALAM PRAMUKA ^_^

Komentar

Postingan Populer