Menuju Temu Prestasi Penggalang Penegak 2013

Dunia Pendidikan merupakan sebuah sistem yang tak dapat dilepaskan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui pendidikan inilah, potensi manusia digali dan dikembangkan sesuai dengan bakatnya masing-masing. Oleh karena itu kualitas pendidikan akan sangat menentukan arah dan perkembangan suatu negara.
Di dalam Sistem Pendidikan Nasional, dikatakan bahwa proses pendidikan terdapat 2 (dua) jalur yaitu: (1) Jalur pendidikan sekolah yaitu pendidikan yang diselenggarakan di sekolah melalui kegiatan belajar mengajar secara berkesinambungan dan berjenjang. (2) Jalur pendidikan luar sekolah yaitu pendidikan yang diselenggarakan di luar sekolah melalui kegiatan belajar mengajar yang tidak harus berjenjang dan berkesinambungan.
Gerakan Pramuka adalah gerakan (lembaga) pendidikan yang komplementer yaitu melengkapi dan melanjutkan pendidikan yang didapat oleh remaja/ pemuda di rumah dan di sekolah, pada segmen yang belum ditangani oleh lembaga pendidikan yang lain dan pelaksanaannya menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dan sekaligus dapat menjadi upaya “Self Education” bagi dan oleh anak/ remaja/ pemuda itu sendiri.
Racana Kusuma Dilaga dan Woro Srikandhi yang berpangkalan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga sebagai salah satu wadah pembinaan pramuka di tingkat perguruan tinggi yang berusaha membuka cakrawala peran pikir pramuka memerlukan adanya spirit” yang komprehensif. Selain itu, sebagai anggota dewasa muda Pramuka Perguruan Tinggi dipersiapkan untuk mencetak dan membina kader-kader pramuka di jenjang bawahnya atau dengan kata lain sebagai Agent of change”. Selebihnya, pandega juga memberikan assist” kepada pelatih untuk memperluas baik itu keanggotaan dan kegiatan maupun dalam hal pengembangan mutu pendidikan dalam rangka perannya sebagai Bina Satuan dan Bina Masyarakat.

Kegiatan ini diberi nama:
“TEMU PRESTASI PENGGALANG DAN PENEGAK  (TPPP) TAHUN 2013”

Kegiatan ini mengangkat tema:
TEMU PRESTASI PENGGALANG DAN PENEGAK (TPPP) SEBAGAI AJANG UNJUK PRESTASI DALAM MEMBANGUN PRIBADI YANG KREATIF DAN CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEPRAMUKAAN

Tujuan Kegiatan
1.      Memperkokoh silaturahmi antar anggota Gerakan Pramuka di tingkat Penggalang dan Penegak.
2.      Menyatukan visi dan misi anggota Pramuka.
3.   Menyiapkan pemikir dan pemimpin yang tangguh dan mampu menjadi pelopor perjuangan dan pembangunan bangsa.
4.      Melatih ketangkasan dan ketrampilan serta sikap mental anggota Pramuka melalui kompetisi.
5.   Menumbuhkan jiwa melestarikan budaya di kalangan anggota Pramuka.

Peserta Kegiatan:
Peserta Kegiatan Temu Prestasi Penggalang dan Penegak 2013 Racana Kusuma Dilaga dan Woro Srikandhi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga adalah perwakilan dari anggota Gugus Depan Penggalang dan Penegak yang berpangkalan di Salatiga dan sekitarnya.

JENIS KEGIATAN
Penggalang:
1.  Geguritan
2.   PBB
3.   Pionering
4.   Gobak Sodor

Penegak:
1.   Debat Bahasa Jawa
2.   PBB
3.   Senam Pramuka
4.   Gobak Sodor

PELAKSANAAN
Hari, tanggal  
        - Sabtu, 22 Juni 2013 (Temu Prestasi Penggalang)
        - Minggu, 23Juni 2013 (Temu Prestasi Penegak)
Jam 
        07.00 WIB - Selesai
Tempat 
        Kampus II STAIN Salatiga dan sekitarnya
Peserta : 
        400 peserta
(Juklak Kegiatan TPPP 2013)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer